Back to homepage

Visi dan Misi

Visi dan Misi Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur

Dengan mempertimbangkan potensi dan kondisi sumber daya pertanian (SDA, SDM, Sumber Daya Buatan dan Teknologi) saat ini dan tantangan ke depan serta  memperhatikan visi pembangunan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2013 - 2018 adalah sebagai berikut : “Terwujudnya Kaltim Sejahtera Yang Merata dan Berkeadilan Berbasis Agroindustri dan Energi Ramah Lingkungan” maka Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur menetapkan visi yang sejalan yaitu “Terwujudnya Swasembada Beras dan Meningkatnya Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Berbasis Keunggulan Lokal Yang Mampu Beradaptasi dan Mendukung Mitigasi Perubahan Iklim“ sesuai dengan RPJMD Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2013 - 2018 pada Misi II yaitu Mewujudkan Daya Saing Ekonomi yang Berkerakyatan Sumber Daya Alam dan Energi Terbarukan, Tujuan 3 yaitu Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Hijau, Sasaran 10 yaitu Meningkatnya kontribusi sektor pertanian dalam arti luas dan Sasaran 11. Tercapainya Swasembada Pangan.

 Penjabaran makna dari visi tersebut adalah :

  • Swasembada Beras adalah suatu kondisi dimana kita mampu menghasilkan sendiri  beras melalui bermacam macam kegiatan   sesuai kebutuhan  yang diperlukan.
  • Agribisnis adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya baik di sektor hulu maupun hilir untuk menyediakan bahan pangan.
  • Keunggulan lokal berarti gagasan setempat yang bersifat penuh kearifan, bernilai baik sehingga dianggap unggul dan diikuti oleh anggota masyarakat.

Jadi keunggulan lokal yang dimaksudkan disini adalah produk – produk pertanian tanaman pangan dan hortikultura yang mempunyai ciri khas dan dikembangkan  di Provinsi Kalimantan Timur dengan menggunakan teknologi spesifik lokasi, seperti berbagai varietas : padi mayas, sereh, durian/lai, jeruk keprok borneo prima, pepaya mini, pisang, buah naga  dan lain lain.

Beberapa pertimbangan penting sebagai dasar penetapan visi di atas adalah :

1. Mendukung target Renstra Kementerian Pertanian, yaitu :

  • Pencapaian swasembada dan swasembada berkelanjutan (padi surplus 10 juta tonb. Peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor
  • Diversifikasi Pangan
  • Peningkatan Kesejahteraan Petani

2. Pembangunan dibidang pangan, pertanian tanaman pangan dan hortikultura di Kalimantan Timur mengedepankan prinsip – prinsip pelestarian lingkungan dan berkelanjutan (green growth), melalui kegiatan – kegiatan pertanian organik, konservasi lahan, low anorganic input, pengawasan peredaran pestisida, dan lain lain.

3. Mengutamakan pengembangan produk - produk unggulan lokal yang dikembangkan petani setempat dan dapat dipasarkan sehingga petani termotivasi untuk berproduksi.

4. Penguatan pada upaya meningkatkan nilai tambah melalui pasca panen dan pengolahan serta pemasaran hasil.

5. Sesuai tugas pokok, fungsi dan kewenangan Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur serta dapat dicapai melalui kerangka program, kegiatan dan pendanaan.

  

Visi  Dinas  Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur  dicapai melalui 5 (lima) Misi, yaitu :

  1. Mewujudkan ketersediaan pangan pokok;
  2. Mewujudkan konsumsi pangan rumah tangga beragam, bergizi, berimbang dan sehat;
  3. Mewujudkan penyuluhan yang profesional;
  4. Meningkatkan  produksi tanaman pangan dan hortikultura berwawasan lingkungan;
  5. Mewujudkan agribisnis tanaman pangan dan hortikultura berwawasan lingkungan.